27 July 2012

Pengertian Human Interest?

Banyak macam foto yang bisa kita pelajari ketika kita masuk dalam dunia Fotografi seperti : Night scene, Landscape, Nature, Human Interest dsb
Dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang foto kategori "Human Interest"


Human Interest dalam karya fotografi jika dijabarkan adalah menggambarkan kehidupan pribadi manusia atau interaksi manusia serta ekspresi emosional yang memperlihatkan manusia dengan masalah kehidupannya, konsentrasi atau mencapai sebuah kesuksesan hidup, yang mana kesemuanya itu membawa rasa ketertarikan dan rasa simpati bagi para orang yang menyimak gambar tersebut.

Fotografi Human Interest di Indonesia lebih populer dalam menggambarkan sisi-sisi kehidupan masyarakat kalangan bawah. Kehidupan masyarakat kalangan bawah atau bisa dikatakan sebagai kaum tidak mampu mempunyai banyak masalah-masalah kehidupan mereka yang sangat komplek, sehingga cerita tersebut dapat diungkapkan dalam media fotografi. Perlu kita ingat bahwa sebagian besar masayarakat di Indonesia sekarang ini masih hidup di bawah garis kemiskinan, sehingga cerita ini menarik perhatian dan banyak diangkat ceritanya dalam berbagai media, salah satunya fotografi Human-Interest.

Berikut point yang harus kita cermati ketika kita akan mengambil foto bertemakan Human Interest :

1. Pahami suasana sekitar, unsur-unsur apa saja yang kiranya menarik untuk kita bidik, hal ini untuk membangun sebuah dasar konsep hasil karya fotografi kita.
2. Cobalah untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar, agar kita lebih leluasa ketika membidik lewat kamera kita.
3. Fokuskan pada Human bukan Technology, ketika kita hendak mengambil gambar hendaknya kita fokus pada manusia yang sedang berinteraksi bukan tekhnologi yang menonjol.
Seorang fotografer harus cepat dan tepat dalam menyadari kemudian mengambil moment yang tepat untuk di bidik, karena keadaan dari moment tersebut sangat cepat sekali berlalu. Detik demi detik selalu terjadi perubahan suasana yang tidak sama danmoment tersebut tidak dapat kembali pada saat yang sama. Pendek kata kita harus konsentrasi pada lokasi.
Semoga artikel ini bermanfaat  untuk anda..
(Salam Jepret)

1 comment:

Komentar tidak boleh mengandung unsur sara, pornografi, rasisme dan pencelaan.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes